Halaman

Sabtu, 23 Maret 2013

PLUT Bantu UKM Kota Batu Buka Jaringan Pasar








batu - di kota batu, jawa timur terdapat sekitar 14.
000 usaha kecil menengah (ukm).
namun, selama ini mereka belum mampu bersaing di pasar luar batu.
kementerian koperasi dan usaha kecil dan menengah membuka pusat layanan usaha terpadu (plut) untuk membuka jaringan pemasaran.
sosialisasi plut dilakukan pada jumat (22/3/2013) di suki hotel.
sosialisasi diikuti puluhan pemilik ukm dan dihadiri asisitendeputi urusan pemberdayaan lpb deputi pengembangan dan restrukturisasi umkm kemenkop dan ukm ri, ahmad zabudi.
menurut kepala seksi pembinaan dan pengambangan ukm kota batu, harijadi agung, dari 14.
000 ukm 60 persen produsen makanan dan minuman.
sedangkan 15 berupa usaha jasa, 10 persen kerajinan dan 15 persen usaha lain-lain.
pertumbuhan ukm yang tercatat selama ini rata-rata 300 ukm baru per tahun.
"pertumbuhan ukm kota batu.
tapi belum diikuti dengan penataan manajemen dan pemasaran," ujarnya, jumat (22/3/2013).
tingginya pertumbuhan tersebut membuat terjadi persaingan antar ukm.
antar pengusaha bersaing karena sama-sama memasarkan produk di dalam kota.
harijadi menyebut setiap ukm one man show dan tidak pernah berjejaring.
mereka menghadapi masalah klasik, permodalan, pemasaran, manajemen dan teknologi prosuksi.
akses pasar yang terbatas ini membutuhkan terobosan agar produk yang ada bisa diserap pasar di luar batu.
selama ini ukm mengandalkan wisatawan yang datang ke kota batu sebagai konsumen.
"kalau sedang banyak wisatawan maka penjualan juga meningkat.
sebaliknya jika sepi wisatawan penjualan juga minim," tambahnya.
plut ditujukan untuk mengembangkan bagi koperasi, usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm).
plut memberikan pendampingan dan konseling bagi umkm.
kota batu dipilih pemerintah pusat sebaga penerima plut selain kabupaten pacitan.
plut akan membuka kantor di kota batu dan langsung berkoordinasi dengan kemenkop dan ukm.
plut membantu untuk menciptakan jaringan pemasaran hingga keluar kota batu.
"pertama jaringan sesama ukm dulu agar mereka besinergi dan tidak saling bersaing.
lalu membuka jaringan pemasaran di luar kota batu," terangnya.
sementara ahmad zabudi menjelaskan, ukm mempunyai peran 57 persen hingga 58 persen dari total perekonomian indonesia.
karena itu kemajuan ukm perlu terus didorong agar mempunyai peran lebih besar.
apalagi ekonomi indonesia justru dipegang sebagain kecil warga negara.
sebanyak 0,01 persen warga indonesia mengendalikan 43 persen perekonomian nasional.
"jumlahnya sangat tidak seimbang.
karena itu peran ukm perlu dikembangkan secara lebih luas," ujarnya.
plut satu di antaranya untuk lebih memberdayakan ukm.
kota batu dipilih karena pertumbuhan ukm serta potensinya yang sangat besar.
plut akan berada di batu selama masih dibutuhkan oleh ukm.
ditargetkan setiap minggu plut bisa mendampingi delapan ukm.

Source from: surya[dot]tribunews[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.