Halaman

Senin, 17 Juni 2013

Massa Berdemo Sambut Kedatangan Komnas HAM




Massa Berdemo Sambut Kedatangan Komnas HAM
Massa Berdemo Sambut Kedatangan Komnas HAM





blitar-puluhan massa yang mengatasnamakan komite rakyat pemberantasan korupsi (krpk) menggelar aksi damai di perempatan lovi atau depan gedung dprd kota blitar, senin (17/6/2013), untuk menyambut kedatangan rombongan komnas ham dari jakarta.
kedatangan tim itu untuk menindaklanjuti pengaduhan para petani blitar terkait kasus dugaan pelanggaran ham yang terjadi di beberapa lahan bekas perkebunan, di antaranya di eks pekebunan sengon, desa soso, kec gandusari dan eks perkebunan gambaranyar, desa sumberasri, kecamatan nglegok.
dalam pengaduannya dulu ke jakarta sambil jalan kaki dari blitar-jakarta, para petani yang didampingi m trianto, koordinator krpk mendesak agar dugaan pelanggaran ham diusut.
yakni, telah terjadi aksi pengusiran terhadap para petani yang sudah puluhan tahun menggarap lahan eks perkebunan sengon dan gambaranyar.
pelakunya diduga orang suruhan pengusaha yang mengelola lahan eks perkebunan tersebut.
alasannya, mereka dianggap sudah tak punya hak menggarap lahan itu lagi karena sudah dikuasainya setelah disewa dari negara.
menindaklanjuti pengaduhan para petani itu, senin (17/6/2013) sore, tim komnas ham yang dipimpin m imdadun rahmat, wakil ketua komnas ham turun ke lokasi.
ia bersama tiga anggotanya, diantaranya, ernawati, komedator, imelda saragih, kabag mediasi, dan eri refika, perencana mediasi.
"tim ini akan tiba di blitar sekitar pukul 16.
00 wib dan terlebih dulu akan berziarah ke makam bung karno.
setelah itu, mereka akan bertemu warga di depan makam bung karno.
baru selabjutnya, mereka akan mengecek ke lokasi (eks perkebunan sengon dan gambaranyar)," ujar trianto.
agenda berikutnya, tim itu akan bertemu dengan beberapa pejabat pemkab blitar, yang terlibat langsung penanganan konflik pertanahan.
tim akan melakukan pertemuan dengan para eksekutif itu pada rabu (19/6/2013) mendatang.
itu akan dipimpin langsung oleh sekkab blitar, palal ali santoso.
"iya, memang pertemuan itu sudah diagendakan.
itu akan dihadiri dari pemkab, bpn, polres, kodim, dan kesbanglinmas, dll," kata hendro winarso, kabag tata pemerintahan pemkab blitar.
agendanya, papar dia, tim dari komnas ham itu minta kejelasan terkait konflik lahan eks perkebunan tersebut.
trianto menambahkan, agenda kedatangan komnas ham itu meminta pemkab bisa membantu penyelesaian konflik eks perkebunan tersebut.

Source from: surya[dot]tribunews[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.