Halaman

Kamis, 27 Juni 2013

Belum Ada LSM Lingkungan Padamkan Kebakaran Riau








pekanbaru - hingga enam hari status tanggap darurat kebakaran dan asap ditetapkan di provinsi riau, belum ada satu pun lembaga swadaya masyarakat (lsm) lingkungan yang mendaftar untuk membantu antisipasi kebakaran lahan dan hutan.
    "belum ada ngo atau lsm yang mendaftar," kata komandan pasukan udara pada satgas tanggap darurat asap, kolonel pnb andywanpada jumpa pers di lanud roesmin nurjadin, pekanbaru, rabu (26/06/2013).
    ia mengatakan, sejauh ini bantuan untuk tenaga pemadaman dari udara datang dari dua perusahaan swasta, yakni pt rapp dan arara abadi.
keduanya membantu empat helikopter untuk bom air dan angkutan logistik.
        komandan satgas tanggap darurat asap, brigjen tni teguh rahardjo, sempat mengatakan pihaknya sebenarnya membuka pintu bagi semua pihak untuk ikut membantu proses pemadaman kebakaran.
    "caranya gampang kok, tinggal melapor saja bisa ke satgas langsung di pekabaru, atau bisa ke kodim di daerah," katanya.
    ia mengatakan, dukungan dari semua pihak diharapkan bisa segera menanggulangi kebakaran lahan dan hutan.
    "warga banyak juga yang langsung ikut membantu di lapangan, kok," kata teguh yang juga komandan korem 031/wirabima.
     sebelumnya, manajer kebijakan dan pembelaan hukum eksekutif nasional walhi, muhnur satyahaprabu, mengatakan bakal melayangkan somasi kepada presiden, kementerian lingkungan hidup, kementerian kehutanan, dan kementerian pertanian, gubernur riau, gubernur jambi, gubernur sumatera selatan, dan kepala kepolisian ri.
    walhi beralasan, pemerintah lamban menangani kebakaran lahan dan hutan sehingga mengganggu kehidupan masyarakat.
organisasi advokasi lingkungan itu memberikan waktu tujuh hari kepada pihak yang disomasi untuk segera mengeluarkan kebijakan guna melindungi warga dari gangguan kebakaran lahan dan hutan.

Source from: surya[dot]tribunews[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.