Halaman

Sabtu, 15 Juni 2013

Diguyur Hujan, Sawah 1,5 Hektare Ambles




Diguyur Hujan, Sawah 1,5 Hektare Ambles
Diguyur Hujan, Sawah 1,5 Hektare Ambles





pamekasan - ladang seluas 1,5 hektare milik sejumlah petani di pegunungan dusun bawah malaka, desa pamoroh, kecamatan kadur, pamekasan ambles dan longsor sedalam 1,5 meter, sabtu (15/6/2013), sekitar pukul 07.
00.
amblesnya ladang sepanjang 150 meter itu membuat tidak menimbulkan korban jiwa manusia.
namun kejadian itu tidak saja membuat petani yang tanahnya ambles dan longsor gelisah, namun sawah lain yang tertimpa longsor ikut menderita.
sebab lahan yang tertimpa longsor itu, berupa hamparan tanaman palawija, seperi singkong, jagung, kacang tanah yang sudah siap panen, hancur tidak tertolong.
sakirah (58), salah seorang pemilik lahan sawah yang tertimpa longsoran mengatakan, longsornya sawah yang jauh dari perkampungan penduduk sekitar ini, diduga akibat guyuran hujan yang terus menerus, sehingga kondisi tanah labil.
"saat kejadian, petani masih siap-siap berangkat.
namun kami dikagetkan dengan bunyi yang keras, seperti benda jatuh.
ketika kami ke luar melongok, dari kejauhan terlihat terjadi tanah longsor," kata sakerah, yang mengaku dua petak sawah yang ditanami kacang tanah tertimbun longsor.
suhari (55), petani lainnya yang tanahnya ikut tertimbun longsor, berharap hujan tidak turun lagi.
ia khawatir, jika kembali hujan, maka luas areal tanah longsor diperkirakan bertambah, karena tanah di sekitarnya sudah  labil.
"kami mau apa lagi menerima musibah ini.
padahal, seminggu lagi kami akan panin singkong.
tapi sudah tertimbun tanah sedalam 1 meter.
kami rencana akan menggali tanah untuk mengambil singkong, tapi keluarga melarang, khawatir tanah makin ambles dan mengancam keselamatan kami," kata suhari.

Source from: surya[dot]tribunews[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.