Halaman

Rabu, 15 Mei 2013

Peninggalan Kerajaan Medang Sekawit




Peninggalan Kerajaan Medang Sekawit
Peninggalan Kerajaan Medang Sekawit





ponorogo - endraswati salah seorang warga desa sampung yang juga pengamat budaya dan sejarah jawa menegaskan, penemuan ini merupakan tanda bahwa situs di sampung sangat berserakan, baik yang sudah diketahui atau yang masih terpendam.
"memang konon medang itu merupakan kerajaan medang sekawit.
kalau melihat bentuknya ini bebatuan yang ditemukan warga di bogem ini menyerupai kuil pemujaan.
cerita adanya kolam, dugaan kami di sekitar penemuan benda ini merupakan taman kaputren, dimana para putri kerajaan berada ditaman dan kolam serta kuil untuk pemujaannya," ungkapnya.
kabid kebudayaan, dinas pariwisata kabupaten ponorogo, bambang wibisono menegaskan, jika kejadian penemuan beruntun di desa sampung  peninggalan bersejarah, akan dilaporkan ke kepala dinas, bupati serta bp3 trowulan.
"setelah kami kroscek dan diukur beberapa batu yang ditemukan warga ini akan kami laporkan pada kepala dinas dan bupati serta ke bp 3 trowulan untuk melihat karena kalau bukan tim ahli sulit untuk menjelaskannya," paparnya.
untuk menjaga keamanan karena dulu pernah hilang, pihaknya akan menitipkan situs benda purbakala ini di polsek sampung.
ke depan, akan diusulkan ponorogo untuk dibangun museum karena terus ditemukan benda cagar budaya di wilayah sampung dan ini merupakan aset daerah," pungkasnya.

Source from: surya[dot]tribunews[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.