Halaman

Jumat, 31 Mei 2013

Pabrik Pengemasan Semen Indonesia Tingkatkan Ekonomi Banyuwangi




Pabrik Pengemasan Semen Indonesia Tingkatkan Ekonomi Banyuwangi
Pabrik Pengemasan Semen Indonesia Tingkatkan Ekonomi Banyuwangi





surya oline, banyuwangi-keberadaan pabrik pengemasan (packing plant) pt semen indonesia tbk di kabupaten banyuwangi kini turut andil meningkatkan kualitas perekonomian daerah dalam memberikan pasokan semen untuk memenuhi kebutuhan pembangunan khususnya di banyuwangi melalui packing plant, kamis(30/5/2013).
seperti disampaikan, kepala seksi (kasi) hubungan internal dan media semen indonesia, faiq niyazi, mengatakan, saat ini perekonomian di kawasan timur jatim terus menggeliat seperti yang ada di kabupaten banyuwangi sebagai salah satu pusat pertumbuhannya.
perekonomian yang terus meningkat tersebut membutuhkan dukungan pasokan semen yang lancar, mengingat semen adalah industri primer penunjang berbagai sektor ekonomi lainnya, mulai dari infrastruktur jalan, jembatan, perumahan, pergudangan, hingga beragam fasilitas umum.
"keberadaan packing plant di banyuwangi menjamin tersedianya pasokan semen untuk wilayah banyuwangi dan sekitarnya, sehingga harganya akan stabil.
jika tak ada jaminan pasokan, akan terjadi kelangkaan yang bisa membuat harga semen tidak terkontrol sehingga mengganggu perekonomian daerah," ungkap faiq.
menurutnya, dari hasil penjualan semen indonesia dengan merek semen gresik khusus untuk wilayah kabupaten banyuwangi terus meningkat secara signifikan.
terhitung pada tahun 2011 lalu penjualan semen gresik di banyuwangi sebesar 68.
496 ton, kemudian terus melejit hingga 27,33 persen dan menjadi 87.
215 ton pada 2012.
sehingga, pertumbuhan penjualan semen di banyuwangi lebih tinggi dibanding rata-rata nasional yang hanya sebesar 14,5 persen pada 2012.
tingginya penjualan semen di kabupaten banyuwangi tidak terlepas dari adanya pertumbuhan ekonomi di kabupaten tersebut yang terus meningkat.
pada 2011, ekonomi banyuwangi tumbuh 7,02 persen, lalu terkerek ke level 7,18 persen pada tahun 2012.
level pertumbuhan ini berada di atas rata-rata pertumbuhan nasional yang pada 2012 sebesar 6,2 persen.
"melalui packing plant, semen indonesia ingin berkontribusi untuk terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat banyuwangi," katanya.
packing plant semen indonesia di banyuwangi memiliki kapasitas hingga sebesar 300 ribu ton semen pertahun dengan investasi sebesar rp 120 miliar.
packing plant ini dilengkapi dermaga khusus dengan kapasitas 10.
000 dwt, dan satu buah packing machine dengan kapasitas 2.
400 bag per jam.
selain itu, keberadaan packing plant mempunyai dampak pengganda ekonomi yang cukup besar bagi daerah.
misalnya dalam hal menyerap tenaga kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan menjadi stimulus bagi pembangunan infrastruktur di banyuwangi.
untuk penyerapan tenaga kerja, misalnya, sebesar 95 persen tenaga kerja di packing plant adalah masyarakat banyuwangi.
packing plant yang diresmikan awal 2012 tersebut juga dikerjakan dengan swakelola yang memberi porsi 90 persen bagi pengusaha lokal untuk terlibat dalam pembangunannya.
kontribusi lain adalah dalam hal pembayaran pajak dan retribusi untuk pembangunan daerah.
keberadaan packing plant juga mendukung program pembangunan infrastruktur yang kini digalakkan banyuwangi.
pemkab banyuwangi setiap tahunnya melakukan pembangunan dan perbaikan jalan sepanjang 300 kilometer.
selain itu, pasokan semen yang stabil nantinya mampu mendukung rencana pembangunan kawasan industri terpadu di banyuwangi yang akan menjadi sentra industri baru di kawasan timur pulau jawa.
" artinya jelas bahwa keberadaan packing plant memberi dampak ekonomi yang signifikan, mulai dari penyerapan tenaga kerja, pembayaran pajak dan retribusi daerah, hingga multiplier effect lainnya seperti kenaikan permintaan barang dan jasa, mulai dari kuliner, wisata, properti, sampai perhotelan.
tujuan akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat.
belum lagi secara berkala semen indonesia melakukan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (csr) dan sponsorship dengan memberikan bantuan sosial ekonomi untuk masyarakat sekitar packing plant maupun event di kota banyuwangi," imbuhnya.

Source from: surya[dot]tribunews[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.