Halaman

Kamis, 16 Mei 2013

Rupiah Kamis Pagi Melemah Tiga Poin




Rupiah Kamis Pagi Melemah Tiga Poin
Rupiah Kamis Pagi Melemah Tiga Poin





jakarta - nilai tukar rupiah terhadap dolar as pada kamis sore bergerak melemah tipis sebesar tiga poin namun masih relatif terjaga.
    nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksikan antarbank di jakarta kamis pagi bergerak melemah sebesar tiga poin menjadi rp9.
748 dibanding sebelumnya di posisi rp9.
745 per dolar as.
    "nilai tukar rupiah rawan pelemahan terkait defisit neraca pembayaran pada kuartal pertama 2013, tetapi pelemahan akan relatif terjaga di kisaran rp9.
740-rp9.
750 per dolar as," kata ekonom samuel sekuritas, lana soelistianingsih di jakarta, kamis.
    ia mengemukakan neraca pembayaran pada kuartal pertama 2013 tercatat defisit sebesar 6,6 miliar dolar as, kondisi itu disebabkan transaksi berjalan yang juga mengalami defisit sebesar 5,3 miliar dolar as dan neraca modal serta finansial defisit sebesar 1,4 miliar dolar as.
    "defisit neraca pembayaran itu membuat posisi cadangan devisa selama kuartal pertama 2013 turun menjadi 104,8 miliar dolar as, tetapi kondisi itu masih cukup aman untuk membayar utang luar negeri pemerintah," katanya.
    kepala riset trust securities, reza priyambada menambahkan sentimen negatif eksternal juga memicu nilai tukar rupiah kembali melemah setelah pelaku pasar uang merespon negatif pertumbuhan di negara kawasan eropa yang di bawah estimasi dan dibareng dengan penurunan pertumbuhan pdb.
    "kondisi itu menekan mata uang euro dan memberi dampak terhadap mata uang asia termasuk rupiah," tambahnya.
    meski demikian, lanjut dia, nilai tukar rupiah masih memiliki momentum penguatan terhadap dolar as seiring dengan penjagaan bank indonesia.

Source from: surya[dot]tribunews[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.