Halaman

Rabu, 08 Mei 2013

Ratusan Balon Anggota DPRD Lamongan Gugur








lamongan - sebanyak 368 dari 493 bakal calon (balon) anggota dprd lamongan dari 12 partai yang mengirimkan  administrasi balon legislatifnya dinyatakan tidak memenuhi syarat.
bahkan partai pemenang pemilu yakni partai demokrat  serta lima partai lainnya, tidak satupun calonnya yang lolos.
kepastian itu telah disampaikan ketua kpud, khoirul huda saat menyampaikan rekap hasil verifikasi persyaratan balon anggota dprd lamongan dihadapan 12 pengurus partai peserta pemilu  yang diundang di ruang rapat kpuk, rabu (8/5/2013) siang tadi.
"yang tidak lulus verifikasi persyaratan bakal calon anggota dprd lamongan lebih banyak yakni 368 balon ketimbang yang lulus hanya 125  bakal calon wakil rakyat," tegas khoirul huda.
ada enam partai politik peserta pemilu yang tidak satupun calon anggotanya lulus administrasi persyaratan, di antaranya partai kebangkitan bangsa (pkb), partai demokrasi indonesia perjuangan (pdip),   partai demkrat, partai hanura, pbb dan partai keadilan dan persatuan indonesia (pkpi).
sementara enam partai lainnya, masih ada yang lolos verifikasi persyaratannya , yakni nasdem, pks, golkar, gerinda, pan dan  ppp.
"mereka bakal calon yang dinyatakan tidak memenuhi syarat  kita beri  kesempatan perbaikannya dari 9 mei hingga 22 mei," ungkap huda yang juga ketua gp anshor lamongan.
huda tidak mau menjelaskan lebih mengapa partai politik  - partai politik besar termasuk partai politik pemenang pemilu  ternyata persyaratannya  bakal calon anggotanya  zero lulus.
menurut huda itu kemungkinan mereka hanya kurang teliti dalam menelaah aturan yang telah ditetapkan kpu.
mereka yang tidak memenuhi syarat itu sangat bervariasi diantaranya karena  ijazah yang tidak dileglisir, tidak adanya surat keterangan sebagai pemilih, hanya foto copi ijazah serta tidak ditandatanganinya bb 8.
  dan ada satu bakal  calon anggota pendaftar,  yaitu tri rahayu ningsih dari partai hanura  yang dipasang di dapil 3 nomor urut 7 dinyatakan gugur karena kurang cukup umur.
mereka yang nantinya mengajukan perbaikan tetap akan diverifikasi kembali hingga waktu tujuh hari berikutnya,  kalau lolos akan masuk dalam  susunan daftar calon sementara (dcs)  yang akan diumumkan pada 13 hingag 17 juni.
   sedang masukan  persyaratan  14 hingga 27 juni , permintaan klarifikasi ke parpol 28 juni hingga 4 juli, penyampaian klarifikasi 5  - 18 juli, pemberitahuan pengganti dcs 19 - 25 juli.
sedang pengajuan penggantian balon anggota 26 juli hingga 1 agustus, klarifikasi 2 - 8 agustus, penyusunan dan penetapan 9 hingga 22 agustus dan pengumuman daftar calon tetap (dct) 23 hingga 25 agustus.
"intinya kalau mereka yang tidak lulus verifikasi persyaratan administrasi  tidak segera melakukan perbaikan sampai batas waktu ditentukan akan dinyatakan gugur," kata huda.

Source from: surya[dot]tribunews[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.