Halaman

Senin, 22 April 2013

Ratusan DAS di Indonesia Tercemar








gresik - indonesia dikenal sebagai negara terkaya akan sungai.
dari seluruh sungai tersebut terdapat 5.
590 sungai dan 65.
017 anak sungai, dengan luas daerah aliran sungai (das) sepanjang 1.
512.
466 kilometer.
namun, sayangnya kondisi das di indonesia mengalami degradasi kualitas lingkungan.
dari 112 das yang ada 98 persen dalam kondisi tercemar.
hal itu dikatakan agus sukandar asisten deputi urusan peningkatan peran organisasi kemasyarakatan kementerian lingkungan hidup, senin (22/4/2013).
pernyataan agus itu disampaikannya dalam pembukaan workshop penyusunan aksi pemulihan kali brantas dan training sensus biotilik pendekatan community base, pemantauan kesehatan daerah aliran sungai.
"das yang ada di indonesia, terutama di pulau jawa, saat ini sedang sakit keras, sehingga diperlukan sinergitas antarpemangku kepentingan untuk menyehatkan sungai di indonesia," katanya, senin (22/4/2013).
agus sukandar lebih lanjut mengatakan, perlu didorong peran community base untuk meningkatkan kualitas media lingkungan, yaitu kualitas media air, media udara, dan media tanah kawasan das dari ancaman sumber pencemaran dan kerusakan lingkungan.
kegiatan pemulihan das ini menjadi agenda strategis kementerian lingkungan hidup dengan menetapkan 13 das menjadi prioritas pemulihan, yaitu lima das, di antaranya musi, bengawan solo, citarum, ciliwung, dan brantas.
"das brantas akan dijadikan acuan dan percontohan kegiatan pemulihan das di indonesia, sebab selama ini proses pemulihan brantas berjalan dengan baik secara community base," imbuhnya.

Source from: surya[dot]tribunews[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.