Halaman

Rabu, 31 Juli 2013

Wali Kota Jinan Tawarkan Belajar Gratis









surya online, sidoarjo - kerja sama yang dilakukan pemkab sidoarjo dengan pemerintahan kota jinan, china sudah lama terbangun.
wali kota jinan, mr yang luyu saat berkunjung ke pendopo pemkab sidoarjo menawarkan beasiswa belajar gratis bahasa mandarin di jinan.
dalam kesempatan itu, pemerintah jinan memberi kesempatan pada 3 pelajar asal sidoarjo yang ingin menguasai bahasa mandarin dipersilakan berangkat.
  beasiswa itu akan dimulai pada april sampai juni 2014.
“siapa saja berkesempatan untuk belajar bahasa mandarin di jinan.
maka nanti untuk proses seleksinya akan dibahas lagi,” tutur kepala bagian (kabag) kerjasama, ari suryono, rabu (31/7/2013).
menurut ari, tahapan dalam rekrutmen harus dilakukan secara seksama karena tiga mahasiswa yang belajar di sana dianggap duta sidoarjo, sehingga mahasiswa yang dikirim tidak memalukan kota delta.
belajar yang dilakukan siswa selama 3 bulan terhitung mulai april hingga juni 2014.
“yang jelas peserta yang bisa berangkat sudah bisa bahasa mandarin dan di sana tinggal memfasihkan saja.
kan sekarang sudah banyak kan siswa dan siswa yang bisa bahasa mandarin,” kata ari suryono.
selama belajar di jinan, siswa tidak dipungut biaya sama sekali.
begitu pula saat berangkat dan pulang menuju tanah air, tiketnya disediakan oleh pemkab sidoarjo.
tetapi untuk biaya hidup selama 3 bulan di jinan ditanggung sendiri.
“kami hanya memfasilitasi proses belajarnya saja.
untuk kebutuhan hidup ditanggung sendiri,” jelasnya.
dalam kesempatan itu juga dibicarakan kerjasama di bidang perdagangan dan investasi yang diarahkan untuk memperluas skala perdagangan dan mendorong investasi dua arah.
pertukaran bakat dan teknologi, mengeksplorasi kerja sama perdagangan produk impor dan ekspor yang unik yang berbasis pada sumber daya komplementer masing-masing pihak.
“terkait kerja sama di bidang investasi, walikota jinan juga mengadakan pembahasan dengan pengusaha-pengusaha nasional untuk pengembangan investasi di jinan,” terang ari.
di bidang pendidikan dan olahraga, para pihak sepakat untuk secara aktif bekerja sama untuk memperluas skala program beasiswa internasional untuk kota kembar di universitas jinan.
kerja sama lainnya yakni berkaitan dengan pembentukan sekolah kembar antara sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas serta mendorong kunjungan kelompok siswa untuk pertukaran budaya.
pertukaran budaya dan kerjasama di bidang pertamanan, akan dilakukan melalui pertukaran budaya seperti pameran foto kota kembar dan kunjungan kelompok-kelompok seni untuk mengikuti festival budaya yang diadakan masing-masing pihak, senantiasa meningkatkan pemahaman warga tentang budaya hubungan kota kembar, dan mempromosikan pengembangan akulturasi budaya.


Source from: surabaya[dot]tribunews[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.