Halaman

Senin, 29 Juli 2013

Kebocoran Gas SO2 Tidak dari PT Smelting, Warga Ngotot Kompensasi Rp 8 M









surya online, gresik - warga desa roomo, kecamatan manyar, gresik, terus menuntut dana kompensasi rp 8 miliar kepada pt smelting.
sedang hasil tim laboratorium forensik (labfor) polda jatim mengungkap, kebocoran gas sulfur dioksida (so2) tidak dari pt smelting.
kepala desa roomo, kecamatan manyar, gresik, rusdianto, mengatakan bahwa kabar yang beredar di masyarakat bahwa kebocoran gas so2 tidak dari pt smelting.
"kabar-kabarnya bahwa hasil labfor polda jatim pt smelting tidak mengalami kebocoran so2.
tapi warga dan tokoh masyarakat belum ada pertemuan untuk membahas kabar itu," kata rusdianto, minggu (28/7/2013).
apapun hasil tim laboratorium forensik polda jatim warga tetap tidak percaya, sebab saat kejadian banyak warga desa roomo, kecamatan manyar, yang muntah-muntah, kepala pusing, sesak nafas dan pingsan.
saat kejadian kebocoran gas so2 dari pt smelting, warga desa roomo yang paling dekat dengan perusahaan peleburan tambang pt freeport itu langsung berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.
akhirnya, ada 60 warga desa roomo dirawat di rs petrokimia gresik dan dievakuasi gor petrokimia gresik.
"warga juga menolak hasil mediasi pemkab gresik yang menghasilkan uang donasi rp 2,5 miliar dari pt smelting, sebab warga menyaksikan sendiri kesepakatan di balai desa bahwa pt smelting sanggup memberikan uang kompensasi rp 8 miliar dari rp 10 miliar tuntutan warga dari kebocoran gas so2," imbuhnya.
warga masih tetap yakin bahwa kebocoran gas so2 itu dari pt smelting, sebab saat kejadian warga menyaksikan sendiri saat mencari penyebab banyaknya warga yang pingsan dan sesak napas.
saat kejadian warga roomo sudah berkeliling di pt petrokimia gresik, ternyata tidak ada pekerja yang pingsan.
setelah mengecek di sekitar pt smelting warga melihat arah angin mengarah ke barat, sehingga kebocoran gas so2 itu dari pt smelting.
"jika kebocoran itu dari petrokimia pasti pekerja di petro jordan banyak yang pingsan sebab arah angin dari timur ke barat.
karena kebocoran dari pt smelting maka warga roomo yang ada di sebelah barat pt smelting banyak yang pingsan dan sesak napas.
alasan sederhana ini yang menjadi keyakinan warga roomo bahwa kebocoran gas so2 itu dari pt smelting," jelasnya.
kasat reskrim polres gresik, akp muhamad nur hidayat, mengatakan bahwa hasil labfor polda jatim menyebutkan tidak ada kebocoran dari pt smelting.
"tembusan dari tim labfor polda jatim terkait dugaan kebocoran gas so2 dari pt smelting sudah kami terima.
hasilnya menyatakan kebocoran gas so2 tidak dari pt smelting," kata hidayat.
tembusan dari tim labfor polda jatim sudah diminta pengacaranya pt smelting.
"kami tidak mempunyai kewenangan untuk menyosialisasikan ke warga.
kami masih ada upaya lain untuk mencari kebocoran gas so2 dengan melayangkan ke pt petrokimia gresik untuk ikut dilakukan pemeriksaan tim labfor.
sekarang belum ada tembusan dari pt petrokimia gresik," jelasnya.
kejadian bencana kebocoran yang diderita warga desa roomo, kecamatan manyar, gresik ini berawal saat warga banyak yang pingsan, sesak nafas dan muntah-muntah karena menghirup gas so2 pada minggu (7/7/2013).
sebanyak 60 warga desa roomo dilarikan dan dievakuasi ke rs dan gor pt petrokimia gresik.
dari kebocoran gas itu, warga desa roomo, meminta kompensasi ke pt smelting sebesar rp 10 miliar tapi oleh manajemen pt smelting ditawar hanya rp 8 miliar.
anehnya sampai sekarang dana tersebut tidak ciar.


Source from: surabaya[dot]tribunews[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.