Halaman

Sabtu, 31 Mei 2014

Ecoton Dorong Dibentuknya Perdes di Kali Surabaya









surya online, gresik - lembaga swadaya masyarakat ecological observation and wetlands conservation (lsm ecoton) mendorong perusahaan, kecamatan, sampai perangkat desa untuk membuat peraturan desa (perdes) tentang kawasan swaka ikan kali surabaya.
direktur eksekutif ecoton prigi arisandi mengatakan  kelangsungan sumber daya air harus terus dipertahankan mulai sekarang.
hal itu bisa diwujudkan dengan mengajak masyarakat melalui perangkat desa, kecamatan sampai perusahaan di sekitar kecamatan wringinanom dan driyorejo.
dengan adanya perdes tersebut, akan muncul payung hukum untuk merawat swaka dan menjaga bantaran kali surabaya tetap terjaga.
"memahamkan masyarakat dan perusahaan di bantaran kali surabaya untuk ikut serta menjaga dan memiliki sangat penting sebab kali surabaya tidak hanya untuk sepuluh sampai dua puluh tahun tapi untuk anak cucu bangsa indonesia," kata prigi, usai pelepasan penyu bersama sekretaris kecamatan wringinanom nurkasijati di kali surabaya.
ada lima desa di kecamatan wringinanom yang menjadi prioritas untuk membuat perdes swaka ikan kali surabaya yaitu desa kedunganyar, sumberrame, wringinanom, lebaniwaras dan sumengko.
upaya yang dilakukan lsm ecoton untuk membentuk perdes bersama kepala desa dan perangkat dengan melakukan workshop partisipasi pemerintah desa dalam implementasi kawasan suaka ikan kali surabaya.
"dalam workshop dijelaskan tentang pentingnya dan manfaat kali surabaya, sehingga perangkat desa tidak semena-mena mengeluarkan izin bangunan di sepadan kali surabaya," kata prigi.
kegiatan lain sebelum membentuk perdes yaitu mengajak warga di kecamatan wringinanom mulai dari pamong desa, pegawai puskemas, kepala sd, smp dan sma se kecamatan wringinanom untuk launching suaka ikan di kali surabaya.
"suaka ikan di wilayah wringinanon ini merupakan indikator baik untuk wilayah kecamatan wringinanom," kata nurkasijati, sekretaris kecamatan wringinanom saat memberikan sambutan dalam launching suaka ikan.
nurkasijati menambahkan bahwa kecamatan wringinanom dan ecoton bekerjasama untuk mendorong pemerintah desa yang ada di daerah aliran kali surabaya untuk memberikan kontribusi pelaksanaan suaka ikan kali surabaya.
"ecoton telah mengajak semua pihak termasuk industri, pemerintah desa, kecamatan dan pemkab untuk bergotong royong mendukung suaka ikan di kali surabaya bagian hulu," kata andreas agus kristanto n, manager program ecoton.
lebih lanjut alumni universitas airlangga ini menyatakan bahwa kini untuk mendukung kegiatan suaka ikan telah terbentuk asosiasi pemerintah desa kawasan suaka ikan kali surabaya dan paguyuban industri kawasan suaka ikan kali surabaya.
kedua komunitas ini adalah bentuk partisipasi dukungan pihak-pihak yang berkepentingan terhadap kali surabaya.
dalam kegiatan launching suaka ikan dilakukan pelepasan seekor penyu (amyda cartilagenia) dan ikan bader.
kemudian beberapa peserta launching mengikuti kegiatan susur sungai dengan menggunakan perahu karet melihat potensi keanekaragaman hayati kali surabaya di wilayah wringinanom.





baca juga



sheila grieve: anak indonesia lebih fokus


singgah surabaya, pesawat tempur tni au dipamerkan ke pelajar


ogah jadi tim sukses, pakde karwo pilih urus jatim


1.
100 pendaftar brigadir polisi dinyatakan lulus


kapolres jombang dan kapolres banyuwangi diganti





penulis: sugiyono

editor: parmin






tweet

Source from: surabaya[dot]tribunews[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.