Halaman

Senin, 24 Maret 2014

Jakarta Bakal Bebas Banjir









surya online, rotterdam - pemerintah ri dan belanda mewujudkan kerja sama penanggulangan banjir di jakarta dan berbagai wilayah rawan banjir di indonesia.
      "pekan depan menteri infrastruktur belanda datang ke indonesia menyampaikan master plan pembangunan proyek kerja sama ini," kata michiel de lijster dari kementerian infrastruktur dan lingkungan belanda di bendungan maeslantkering barrier di pelabuhan rotterdam sebelum kedatangan wapres boediono meninjau bendungan itu, minggu (23/3/2014).
       bendungan raksasa yang dibangun belanda pada 1991 dan diresmikan pada 1997 itu mampu menghambat air laut saat pasang atau saat badai sehingga menyelamatkan lahan pertanahan belanda yang berada di bawah permukaan air laut.
       kedatangan wapres boediono di maeslantkering barrier disambut oleh menteri infrastruktur dan lingkungan belanda melanie henrietta schultz van haagen-maas geesteranus.
       melanie menyatakan, penduduk jakarta yang padat membutuhkan bangunan yang mampu melindungi dari ancaman banjir.
"saya akan datang ke jakarta bersama belasan perusahaan yang memiliki andil dan pengalaman untuk mengatasi banjir.
saya yakin dan tidak dapat menunggu waktu untuk ke jakarta," kata melanie.
     wapres mendapatkan penjelasan mengenai manajemen air (water management) di belanda dari willem maak, deputi direktur di kementerian infrastruktur dan lingkungan belanda  dan kerja sama antara ri dan belanda dalam pengelolaan air yang disampaikan oleh guru besar urban water dan universitas rotterdam prof piet dircke.
      lijster menceritakan, kerja sama antara belanda dan indonesia mengenai pengelolaan air sebenarnya telah berlangsung puluhan tahun namun masih sebatas wacana dan belum dapat dilakukan secara teknis operasional.
       lijster mengatakan, pembangunan bangunan yang mampu mengawasi banjir di jakarta membutuhkan biaya besar mencapai miliaran dolar as.
"belanda amat yakin bila indonesia telah memiliki bangunan seperti maeslantkering barrier dapat mengawasi persoalan banjir," katanya.





terkait #jakarta, bakal, bebas banjir

baca juga



dinamit dicuri, polisi diminta siaga


mabes back up pencarian dinamit hilang


sopir truk dinamit diperiksa


cari 250 dinamit, polisi razia besar besaran


gawat, 250 dinamit siap ledak dicuri






editor: wahjoe harjanto

sumber: antara






tweet

Source from: surabaya[dot]tribunews[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.