Halaman

Rabu, 23 Juli 2014

Siapkan Kelas Internasional









surya online, surabaya – belum lama ini rektor universitas narotama surabaya rr iswachyu dhaniarti melakukan kunjungan ke sejumlah perguruan tinggi di prancis selama 18 hari (29 mei – 16 juni 2014) atas prakarsa dirjen dikti bekerjasama dengan kementerian pendidikan prancis.
ada 35 perguruan tinggi yang ikut serta, 33 diantaranya perguruan tinggi negeri (ptn), sisanya perguruan tinggi swasta, yakni universitas narotama dan universitas gunadarma, sementara yayuk yang datang bersama stafnya menghadiri pertemuan di universitas lille 1.
pertemuan dibagi dalam delapan kelompok dengan topik bahasan bidang ekonomi, hukum, kedokteran dan marine sains.

”kami kebagian bidang ekonomi dan hukum.
di sana kami mempresentasikan makalah yang sudah kami siapkan.
ternyata responnya sangat bagus.
bahkan konselor kerjasama prancis-indonesia memberikan apresiasi positif bagi kami,”cerita yayuk saat ditemui di kampusnya, selasa (22/7/2014).
pertemuan ini ternyata memberikan dampak positif bagi universitas narotama dan dalam pertemuan tersebut pihaknya ditunjuk sebagai tuan rumah konsorsium dan workshop ekonomi internasional yang akan dilaksanakan februari 2015.
”sekarang kami sudah harus mempersiapkan semuanya karena di kegiatan ini nantinya akan banyak perguruan tinggi prancis yang akan turut serta selain dari indonesia sendiri,” kata rektor yang juga mantan juara dunia kempo itu.
di prancis, yayuk dan rombongan juga menyempatkan bertemu dengan perwakilan ipaq bussines school, prancis yang sejak tahun 2013 menjalin kerjasama dengan pihaknya.
hasil pertemuan itu menghasilkan kesepakatan akan ada 200 mahasiswa program master (pascasarjana) ipag bussines school yang akan melaksanakan riset tugas akhir di universitas narotama surabaya, juni 2015.
riset akan difokuskan pada usaha kecil menengah (umkm).
  ”kami sudah membagi lokasi penelitian mereka menjadi empat, yakni surabaya, lombok, bali dan jogjakarta.
di empat kota ini sudah ada umkm yang berafiliasi dengan kami seperti di bali dengan ukirannya, jogjakarta dengan kerajinan perak dan surabaya dengan berbagai kerajinan seperti bordir,” terangnya.
selain dengan ipaq bussines school, unnar juga akan menandatangani perjanjian kerjasama dengan universitas limoges, prancis serta universitas lain di asia tenggara seperti hochimin city university of law, university thailand, philipina dan timor leste.
kerjasama dengan perguruan tinggi asean ini dimaksudkan untuk menyongsong asean economic community tahun 2015 mendatang.
dan kerjasama ini melengkapi kejasama yang sudah dijalin di tujuh perguruan tinggi, seperti malaysia, vietnam dan philipina.
”seiring kerjasama ini, tahun 2015 mendatang kami sudah siap dengan kelas internasional.
ini sebagai langkah menuju world class university,” terang ani wulandari, kepala kantor urusan internasional universitas narotama yang turut mendampingi yayuk di prancis.





penulis: musahadah

editor: wahjoe harjanto






tweet

Source from: surabaya[dot]tribunews[dot]com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.